Fakta Tentang Planet Venus

Astro-Holic - Planet Venus merupakan planet kedua yang paling dekat dengan Matahari. Venus disebut juga dengan nama Aphrodite atau Dewi Cinta. Planet ini dinamakan demikian kemungkinan karena menjadi obyek paling terang di langit setelah matahari dan bulan.
Gambar Planet Venus yang diambil dari satelit Mariner 10

Berikut fakta tentang planet venus :

1. Sering Disebut Kembaran Bumi

Planet Venus dan Planet Bumi mempunyai beberapa kemiripan. Dalam hal ukuran, Venus mendekati Bumi (95% dari ukuran Bumi). Selain itu, kedua planet ini memiliki banyak komposisi kimia yang serupa serta hanya mempunyai beberapa kawah dengan usia yang relatif muda.


2. Venus Tidak Memiliki Satelit

Antara tahun 1670-an hingga 1770-an, beberapa astronom mengamati apa yang nampaknya menjadi satelit Venus yang berukuran kira-kira 1/4 Venus.Berbagai teori diajukan untuk menjelaskan penampakan tersebut termasuk karena ilusi optik, bintang, dan bahkan planet kesepuluh.
Namun, pengamatan hingga hari ini tidak menemukan satu objek pun yang bisa dianggap sebagai satelit Venus.

3. Lokasi di Venus Diberi Nama Sesuai Nama Perempuan

Berbagai tempat di Venus dinamakan berdasarkan nama perempuan. Nama - nama yang digunakan antara lain Lakshmi Planum, Isthar Terra, Lavinia Planitia, Atalanta Planitia, Giunevere Planitia, dan Isthar Terra. 

4. Beberapa Pesawat Ruang Angkasa Tak Berawak Sudah Berkunjung Ke Venus

Pesawat ruang angkasa yang sudah mengunjungi venus antara lain, Mariner 2, Pioneer Venus Orbiter dan Pioneer Venus Multiprobe(Pioneer 12&13), serta Magellan.

5. Venus Berotasi Selama 243 Hari dan Berevolusi Mengelilingi Matahari Selama 225 Hari.

Fakta yang aneh bukan? 1 hari di Venus malahan lebih panjang dari 1 tahun.
Selain itu, arah rotasi Venus berlawanan arah dengan Bumi. Maka dari itu, Matahari akan terbit dari arah Barat dan terbenam di arah Timur. 

Related Posts:

1 Response to "Fakta Tentang Planet Venus"