9 Software Untuk Melihat Antariksa

Pernahkah Anda berkeinginan untuk melanglang buna ke antariksa dan melihat benda-benda yang ada di sana. Mungkin secara nyata itu sulit terwujud.Tetapi dengan software-software di bawah ini, kita bisa melihat apa saja yang ada di antariksa sana. Mari kita simak satu persatu ulasan software di bawah ini :

1. Asynx Planetarium


Buat anda yang suka Planetarium, freeware ini akan sangat cocok dengan anda. Namanya Asynx Planetarium. Software ini mampu menampilkan langit malam dari semua lokasi yang ada di bumi ini dari tahu 1790 sampai dengan 9999. Tentu syaratnya anda harus tahu letak lokasi tersebut secara lintang dan bujur..
Biarpun gratis, software ini memiliki database yang lumayan gede. Ada 10000 (sepuluh ribu) bintang dan planet yang ditampilkan. Ada juga 88 gugus bintang, fase dulan dari tanggal ke tanggal dari bulan ke bulan. Untuk menambah daya tariknya, planetarium ini juga memiliki animasi pergerakan tatasurya yang dapat dipercepat atau diperlambat gerakannya.
Peta langit dan bintang ditampilkan dalam bentuk geocetrik atau heliocentrik, tinggal pilih saja. Planetarium ini cocok untuk siswa yang menyukai astronomi atau ingin sekedar mengetahui tentang tatasurya. Agar software ini dapat dijalankan dengan baik, komputer anda minimal haru memiliki kemampuan berpikir 1 GHz, OS windowa NT, 2000, Xp atau vista, resolusi monitor 800×600 pixel, dan 10 MB disk free pada komputer anda.

2. Celestia


Celestia merupakan sebuah software gratis yang dapat digunakan sebagai referensi untuk belajar tentang astronomi dalam tampilan 3 dimensi (3D) , di software tersebut terdapat bumi , tata surya, galaksi bimasakti, rasi bintang, komet, dan berbagai unsur-unsur yang terdapat di jagatraya ini. Di software tersebut terdapat file demo dalam bentuk script yang bisa menjalankan animasi jagatraya saat di running. Serta bisa melakukan browse secara manual demikian pula terdapat add on yang tersedia di situnya yang bisa di download secara gratis kemudian dimasukkan ke direktori aplikasi celestia (masing-masing addon ditempatkan pada direktori yang berbeda , bisa dilihat pada manual addonnya).Semakin bayak addon yang terinstal semakin banyak fitur yan tampak dan bisa digunakan di software celestia anda.

3. CNebulax

CNebulax bisa dibilang aplikasi yang sangat cocok bagi para peminat astronomi yang sangat serius mendalami ilmu perbintangan. Jangan dulu putus asa melihat tampilannya yang rumit, karena terdapat panduan cepat mengenai penggunaannya diawal aplikasi. Untuk astronom pemula, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk memantau pergerakan obyek langit yang umum seperti planet dan bulan, sekaligus menggali informasi detil mengenai setiap obyek.

4. CyberSky

CyberSky bisa dibilang memindahkan planetarium ke layar komputer kamu. Dengan beragam pengaturan serta opsi yang ada, para pemula bisa mempelajari antariksa dengan lebih menyenangkan. Begitu pula untuk para astronom, aplikasi ini akan membantu mereka mempelajari lebih dalam tentang hal-hal tersebut.CyberSky memiliki fitur animasi yang tidak hanya menyenangkan tapi juga berguna bagi kamu yang ingin belajar tentang pergerakan bulan, bintang, planet beserta benda angkasa lainnya secara virtual. Banyak sekali fitur yang ditawarkan, termasuk segala detail mengenai objek-objek langit.CyberSky menggunakan tampilan berwarna serta detail yang bagus. Kamu juga bisa melihat suasana langit, baik saat malam maupun siang hari. Suasana malam dibuat mirip dengan situasi sebenarnya, di mana terdapat banyak bintang serta bulan. Tidak hanya itu, kamu dapat pula melihat situasi angkasa berdasarkan pilihan tahun.

5. Hallo Northern Sky

Jangan remehkan tampilannya yang sederhana. Lihat fitur dan fasilitasnya lebih dalam, maka Anda bisa mengobservasi langit lebih leluasa. Sekilas tampilan ini mirip radar atau semacam grafik berisi titik-titik. Secara default, obyek-obyek langit yang tampil tidak ditampilkan secara detil dan 3 dimensi. Namun, jika Anda mengetik tombol Ctrl+F maka beberapa obyek langit ditampilkan sesuai aslinya dengan tekstur pelengkap.

6. Windows Worldwide Telescope

Micorosoft Research WorldWide Telescope 3.0.5.1 adalah software yang dikembangkan oleh Microsoft sendiri, mengadopsi gambar-gambar dari Hubble Space Telescope, Chandra X-Ray Observatory Center, Sloan Digital Sky Survey, dan badan-badan astronomi lainnya..jadi anda dapat melihat planet dan benda-benda langit lainnya menggunakan software ini..jadi, bagi anda yang tidak memiliki teleskop maupun tidak mempunyai waktu ke planetarium dapat mencoba software ini..

7. Sky Atlas

Sky Atlas merupakan aplikasi astronomi paling sederhana. Sesuai namanya, versi gratis-nya hanya menapilkan ‘denah’ dari sistem tata surya. Selain itu kita bisa memprediksikan apa yang akan terjadi beberapa saat kedepan, sehingga berguna untuk mempredisksi cuaca dan lainnya. 
Situs web : http://pyxiscamera.htohananet.com/SkyAtlas/index.html

8. Solar System 3D Simulator


Solar System 3D Simulator adalah aplikasi perangkat lunak yang mesimulasikan model sistem tata surya dan planet-planet secara realistis dalam format 3 dimensi dengan acuan rumus fisika lanjutan. Software ini menampilkan data planet dan orbitnya berikut matahari dan bulan.Sembilan planet, termasuk planet bumi ditampilkan fdalam bentuk gambar 3 dimensi disertai tampilan data termasuk tenaga surya, energi surya dan rincian gerhana matahari. Output grafis dalam gambar 3D resolusi tinggi format penuh warna dan tampilan orbit dapat disesuaikan, simulasi orbit miring dan diputar ke setiap sudut juga dapat dilakukan.Solar System 3D Simulator ini berguna untuk belajar tentang fisika astronomi, alam semesta, proyek ilmu pengetahuan dan percobaan sains interaktif untuk dewasa dan anak-anak. Siswa SD, SMP dan SMA dapat menggunakannya untuk ide-ide percobaan ilmu pengetahuan, membantu dalam mempelajari fisika, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran sains secara menyenangkan

9. Stellarium


aplikasi  ini berbasis open source so bebas untuk diunduh dan digunakan (kecuali untuk platform Android). Apa sih fiture-fiture nya? ada banyak misal: standar katalog lebih dari 600.000bintang, ekstra katalog dengan lebih dari 210 juta bintang, asterisms dan ilustrasi dari rasi bintang, konstelasi selama dua belas budaya yang berbeda, gambar nebula (full Messier katalog),realistis Milky Waysangat realistis atmosfermatahari terbit dan terbenam, planet dan satelitmereka dll.
Situs web : stellarium.org

Related Posts:

5 Responses to "9 Software Untuk Melihat Antariksa"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih untuk rekomendasi dan penjelasan tentang aplikasi antariksa tersebut....sangat membantu

    ReplyDelete